Thursday, July 24, 2008

Fordil 2 : Al Qur'an dan Serangan Orientalis

FORUM ISTAVIZ
KE II BULAN JULI 2008,
TEMPAT STID DI AL HIKMAH JL. BANGKA 3A , MAMPANGJAKARTA TIMUR
PUKUL 13.30 WIB

Pembukaan oleh Soimah
Tilwah oleh Aisyah
Saritilawah oleh Nida

Sambutan oleh Ketua Istaviz ( Dinar Dewi Kania)
Perekrutan anggota Istaviz
Perekrutan Donatur Istaviz

Materi I oleh Ustadz Adnin Armas, M.A (Direktur Eksekutif INSISTS)
Moderator : Agustina
”Bahaya Orientalis terhadap Studi Al-Qur’an”
Pikiran itu susah menampak dan tidak bisa diukur kedalamannya jadi dalam suatu forum diskusi memang akan terjadi suatu proses alamiah penurunan kader anggota.

Tantangan studi al – qur’an
Kontemporer :

Jurnal Justisia ( Jurnal pemikiran keagamaan dan kebudayaan
Kritik Al – Quran (sekularisme, Analisa Historis dan Kritik Ideologi)
Pemikiran para orientalis telah masuk ke dalam pemikian orang – orang berlatar belakang pendidikan islam.
Pemikiran umat Islam sudah dijajah

Contoh Kongkrit :
Kesucian palsu sebuah kitab
Simanto Al Qurtuby
Redaktur Eksekutif Justisia, Staf Lakpesdam NU Jawa tengah. Alumnus UKSW salatiga

Tedi Kholilidin
Menyalahkan Al-quran adalah palsu
Mahasiswa fakultas syariah

Imam Fadhilah
Menyalahkan para sahabat rasul
Mahasiswa Fakultas Syariah

Kholidul Adib
Mahasiswa politik Islam n Fakultas Syariah IAIN Walisongo
Quran sebagai perangkap bangsa Quraisy

Sulhawi Ruba, 51 Tahun
Dosen Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam
Al – Quran tidak sakeal yang sakral adalah kalamullah secara subtantif dan secara budaya posisi al – quran tidak berbeda sebagai rumput
Mata kuliah resmi yang diajarkan kajian Orientalis terhadap al – quran dan hadist di Program studi tagsir hadis Fak. Usluhudin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Jakarta (Semester VIII)
Tujuan : Mahasiswa dapat menereapkan dan meyebarkan paham orientalis


Contoh buku
- Hermeneutika Inklusif oleh Muhamad Nur Kholis Suyafiw Hasyim, ICIP
- Meretas kesarjanaan Kritis Al – Quran ,
- Heurmenetika dan Seminika

Penelitian yang dilakukan oleh Litbang DEPAG, tentang paham islam Liberal di sekitar kampus UIN Yogya
Al – Quran bukan lagi wahyu suci dari Allah kepada Rasulullah SAW melainkan hanya sebuah produk budaya (muntaj tsawafi) sebagaimana yang digulirkan oeh Nasr Hamid Abu Zaid. Metode tafsir yang digunakan adalah hermeneutika, karena metode konvensional dianggap sudah tidak sesuai dengan zaman. Amin abdullah mengatakan hanwa sebagian tafsir ilmu penafsiran yang diwarisi umat Isalam selama ini dianggap telah melanggenggakan status quo dan kemerosotan umat Islam secara moral,politik dan budaya. Hermeutika kini sudah menjadi kurukulum resmi di UIN / IAIN ? STAIN seluruh Indonesia. Bahkan oleh perguruan tinggi Islam di Nusantara ini mengajarkan metode tafsir hermeneutika.

Kembali kepada Sejarah
Peter the Venerable 9 10-94-1156)
Perang pemikiran dari perang salib tahun 1096 ” ketika yang lain berperang dengan pedang tetapi Peter beperang dengan pena”
” kelihatannya aneh, dan mungkin memang aneh, aku seorang manusia yang yang sangat aneh , aku seorang manusia yang yang sangat bebeda tempat dari kamu, berbicara dengan bahasa yang berbda memiliki suasana kehidupan yang terpisah dari suasasna kehidupanmu, asing

Aku menyerang bukan dengan senjata tetapi dengan kata-kata bukan dengan kekuatan tetapi dengan akal pikiran dengan kebencian tetapi dengan cinta... aku sungguh mencintaimu,aku memang menulis kepadamu

Surat peter kepada Bernard dari Clairvaux:
” sekiranya apa yang kulakukan dianggap tidak berguna, karena pemikiran bukanlah senjata untuk mengalahkan musuh (islam) kerja ilmiah seperti itu tetap akan ada manfaatnya jika orang islam yang sesat tidak bisa diubah maka sarjana kristen akan bisa menasehati orang kristen yang lemah imannya ( Espistola Petri Cluniacensis ad Bernardum Caraevallis).
Tim Penerjemah Peter
1. Robert dati ketton :
- Liber Legis saracenorum quem Al coran vocant ( Kitab hukum Islam yang disebut al – quran)
- Fabulae Saracenorum (kisah – kisah islam)
- Chronica Mendosa (Periwayatan yang salah)
Mereka tidak pernah menyebutkan islam tetapi saracenorum, Mohamed

2. Petrus dari toledo (Petrus Toletanus)
- Epistola saraceni et Rscriptum c hristiani ( surat seorang muslim dan jawaban seorang kristen)
3. Petrus dari Poitiers ( Petrus Pic
4. Herman darei dalmatian


Pengaruh Peter
1. Nicholas dari cusa
menyaring al – wuran
2. Dionysius carthusianus
3. Juan Luis Vives Menentang cara hidup Islam
4. Martin Luther , membantah al-quran dan enterjemahkan bible dari bahasa latin, menterjemahkan satu karya dalam bahasa jerman menghujat al – quran , memberikan kata pengantar untuk al-quran edisi theodor bibliander)
Orang yang dianggap nabi olehkristiani dan sangat peduli untuk menhancurkan al-quran.
Kitab Al – quran disebut kitab lebah, kitab semut, kitap sapi, dll
5. Hugo Grotius, melawan islam


Orientalis modern dalam studi al-quran
Gustav Weil (1889) Abraham Geiger (1871)
Ignaz Goldziher(1921) Snouck Hurgronje (1936) Theodor Noldeke(1930)
Friedrich Schwally (1919) Edward Sell(1932)
Joseph Schacht(1969) G. Bergstraesser(1931) Arthur Jeffrey(1959) Richard Bell(1959)
Otto Pretzl(1941)
John Wansbrough(2002) Regis Blachere(1973)
Harald Motzki Andrwew Rippin
Herbert Berg
Danial A. Madigan


Pendeta Alphonse mngana(1937) “ Sudah tiba masanya untuk melakukan kritik terks terhadap al – quran sebagaimana telah kita lakukan terhadap Bibel Yahudi yang berbahasa Ibrani – Amaik dan kitab suci kristen yang berbahasa Yunani”.

Mohammed Arkon
Metode kritis histories

Johan Salomi Semler (1791) Kalam ilahi dan kitab suci tidak lagi otentik

Karl Lachmann (1831) secara tital teks standar dan menerbitan teks baru

Studi Kritis Al – Quran dari zaman Rasullullah hingga sekarang
” Rasullullah tidak mempunyai niat untuk menghimpun al – quran kedalam mushaf tetapi sahabatlah yang nyeleneh,


Rasulullah meminta para sahabat untuk selalu menulis wahyu
Ketika jaman rasul wahyu sudah lengkap tertulis ketika rasul wafat
Wahyu dihimpun justru untuk kepentingan kaum muslimin
Para penghapal al – quran banyak yang meninggal dalam peperangan

Matius, lucas dan paulus menulis berdasarkan informasi dari paulus karena mereka tidak pernah bertemu Jesus dan berdasarkan mimpi

Arthur Jeffery (1892-1959)
Yang menentukan suci atau tidaknya adalah masyarakat.
” Komunitaslah yang menentukan masalah ini suci atau tidak”
Komnitas yang memilih dan mengumpulkan bersama tulisan tersebut untuk kegunaan sendiri yang mana komunitas merasa bahwa ia mendenganr suata otoritas keagamaan yang otentik yang sah untuk pengalaman mereka

- sebenarnya standarisasi mushaf digunakan hanya untuk mempersatukan umat(alasan politis)
- Ahmad Baso ” versi abdullan bin mas’ud disingkirkan oleh utsman dan mana yang mewakili kalamullah, mushaf Utsmani atau Mushaf Abdullah bin Mas’ud...Inna al –dina inda Allah al –hanifiyyah ” bukan al – islam dan bukan berasal dari al-quran
Abullah bin mas’ud menerima bahwa Inna dinna indallahi Islam
- Nasr Hamid Abu Zayd

- Taufik Adnan Amal, ingin membuat al-quran baru
Edisi kritis al-quran
- Luthfi Assyaukanie, alquran adalah rekayasa para ulama, alfatihah bukan bagian dari al-quran
- Mustafa Mandur, Abu bakar dan umar menulis mushaf karena minder
- Arthur Jeffery , alwuran memiliki banyak kelemahan oleh sebab itu perlu
- Tesis Aksin Wijaya yang menggugat Otentisitas wahyu tuhan,2004, IAIN Yogya
- Jurnal Justisia Fakultas syriah IAIN Walisongo, semarang. Yang paling mencelakakan adalah pembukuan quran dengan dialek quraisy oleh khlaifah usman ibn affan yang diikuti dengan klaim otoritas mushafnya sebagai musfah terabsah dan membakar (menghilangkan perngaruh) mushaf lain
- Jurnal Justisia Fakulatas Syariah edisi 23, 2003 IAIN Walisongo, semarang “Pembukuan quran hanya siasat bangsa quraisy melalu usman untuk mempertahankan hegemonunua atas masyarakat arab (islam)

Al – quran bukan teks manusiawi
Bukan perkataan Muhammad SAW ( 69:44-46) ; 53:3-4
Bukan perkataan seorang penyair
Bukan perkataan tukang tenun
Bukan perkataan seorang gila (68:2, 81:22)
Manusia dan jin tidak mampu membuatnya (17;88)


Ustadz Arif Ma’ruf
Allah berfirman : ”sesungguhnya kamilah yang menurunkan al quran dan kamilah yang akan menjaganya”
Ketika mereka mengkritisi al –quran berawal dari kritisi kitab – kitab mereka, dan mendapati kekeliruan dan ketidaksesuaian dalam kitab – kitab mereka dan mereka mencoba mengkritisi al – quran seperti kritis kepada kitab mereka, dan mengukur para sahabat rasul seperti mengukur manusia pada umumnya, padahal Allah sendiri sudah menjamin syurga untuk para sahabat karena kejujurannya. Dan prasangka mereka sangat jauh terhadap para sahabat, dari hafalan , sikap – sikap mereka, dll.
Tidak tepat kritisi yang mereka lakukan terhadap kitab mereka sebelumnya dilakukan pula kepada kitab al quran.
Ketika al quran dikritisi maka akan memperkuat kebenaran al quran tersebut, dan Allah telah menyiapkan orang – orang yang akan menjaga al – quran yaitu para penghapal al quran.
Abu hurairah sangat menghapal apapun yang dikatakan rasulullah,
Imam Buchori, mampu meluruskan atau membenarkan hadist yang telah dibolak balikkan oleh mereka.

Sesi Tanya Jawab
Cucum Sumiati Semester VI
- Sikap apa yang harus kita lakukan jika tiba tiba bertemu dengan orang yang melecehkan Alquran ?
- Dari banyak tafsir yang ada, tafsir apakah yang sebaiknya bagi orang awwam untuk jadi pegangan/pelajari supaya dengan tafsir yang ada kita jadi faham terhadap al quran tersebut?
Jawaban
- Kembali kepada dakwah, kita lihat dulu siapa yang melecehkan, jika yang melecehkan orang islam sendiri maka dia telah terpengaruh oleh orang orientalis dana sekuler, dan jika mereka hanya menyampaikan paham tersebut maka kita jawab dengan argumen yang tepat dan tidak telepas dengan akhlak kita dan argumen tersebut harus kita jawab dan tuntaskan jika kita bisa mentuntaskan tetapi jika tidak kita ajak berunding untuk mendapatkan kebenarannya atau ada orang – orang yang lebih paham maka dia yang menjawabnya
- Tafsir ibnu Katsir bisa menjadi rujukan., dan ketika membaca tafsir sebaiknya terdapat guru yang dapat mengajarkan/membimbing kita dan yang membimbing pula harus jelas dan paham dibidangnya

Aisyah, STIU AL Hikmah
- Apa tindak lanjut kita sebagai mahasiswa setelah mengetahui pemikiran orientalis?
- Apa kelemahan pemikiran mereka?
- Perlukah kita mengkaji lebih dalam?
Jawaban
- Terus belajar dan belajar dan Mengkaji lebih dalam ditbutuhkan untuk melawan mereka
- Selain bahan baku yang kita punya maka diperlukan pengolahan yang baik
- Sangat perlu


Novi,
- Metode Hermenetika bagaimana? Bahaya atau tidak? Apakah metode ini sama dengan metode kritis historisnya?
- Para sekuler dan Liberalis apakah memiliki indikasi kuat bahwa mereka hanya ingin populer ? atau motif apa yang melatarbelakangi mereka sehingga sangat gencar menyebarkan pemikiran mereka?
Jawaban
- Hermeneutika adalah ilmu yang menafsirkan tentang penafsiran.karena manusia adalah makhluk yang mempunyai penafsiran. Bicara tentang terti penafsiran dan masalahnya adalah ilmu yang membicarakan tetantang jiwa yang mempelajari tingkah laku.
- Memang ada kepentingan pemikiran dengan politik yang didanai oleh Amerika, faktor lainnya adalah lemahnya pemikiran dan kuatnya pengaruh2 dari pemikiran tersebut.


Dinar,
- Ada pendapat orientalis bahwa tradisi di arab tidak ada tradisi tulis menulis yang ada hanya tradisi verbal, bagaimana pendapat ini ? Al Quran tertua ada dimana?
- Karen Amstrong berpendapat bahwa konsep trinitas itu memiliki keindahan dan kearifan orang yang memiliki latar belakang filsafat Romawi. Sedangkan konsep tauhid Islam memang cocok untuk bangsa Arab yang tidak memiliki tradisi pewahyuan sebelumnya. Bagaimana pendapat Ustadz.
- Bagaimana pendapat Ustadz tentang Nasikh dan Mansukh ? dan bagaimana pendapat orientalis mengenai masalah ini.

Jawaban
- Dari Ustadz Arif, zaman tersebut memang bukan jzaman meniulis tetapi bukan berarti semua orang tidak bisa menulis karena beberapa sahabat sudah bisa tulis menulis sehingga pada perang badar penukaran tawanan ditukar dengan belajar tulis menulis
Alquran Allah turunkan sesuai dengan kondisi pada saat itu, untuk mentarbiah rasul dan para sahabat pada waktu itu. Yang kemudian menjadi satu rangkaian.

Dari Ustadz Adnin, Al quran ditulis dalam bahasa syiriak bukan bahasa arab, tidak tepat bahwa orang arab tidak bisa menulis dan tanda titik pada al quran pada zaman itu tidak dituliskan tetapi bukan berarti tidak digunakan. Dan titik dalam al quran ada 15 dan titik dalam bahasa syiria k ada 3. ada disertasi seorang yahudi bahwasannya bahasa arab inilah yang menghidupkan bahasa ibrani dan syiriak. Dalam metode hadist ada 8 cara dan dari 7/8 melibatkan tulisan.
Fakta nya meraka tidak hanya menghafal tetapi melibatkan tulisan pula dalam penghafalan alquran.

- Filsafat yunani, gereja menjadikan filsafat yunani sebagai panduan mereka, seperti copernicus yang disimpan dulu bukunya dibawah tempat tidurnya, kemudian setelah meninggalbarulah tulisan2 tsb diterbitkan. Sains yunani merupakan bagian dari mereka dan jika menentang maka dipenjara
Naskah pertama dari Nabi Isa dalam bahasa Yunani Kuno dan diterjemahkan oleh 70 orang.

Islam, mempunyai identitas yang kuat dan mempunyai 3 proses, terbuka untuk peradaban yang lain, dari segi geografis yunani terdapat ditimur bukan dibarat dan ulama kita menguasai seluruh peradaban dan sebagian ulama ada yang menolak, menerima, terpengaruh,dan ada yang memfilter.
Barat maju karena menolak Ibn Rush dan Aristoteles

Aisyah, Al Hikmah
- Bagaimana sikap kita dalam menyikapi paham ini, menerima, tolak mentah2, atau menerima tetapi disaring? Orientalis ada yang objektif ?
Jawaban
- Orientalis tidak ada yang objektif karena kalau mereka objektif pasti mereka masuk islam dan membela islam.
- Saringlah dimulai dengan ilmu Islam dahulu. Kuatkan pemahaman/ilmu Islam baru kita dapat menyaring paham tersebut.
- Kuatkan Study Islam, mengkaji dan baru masuk ke ilmu yang lain.

Nur, Al Hikmah
- Perpecahan Orang kristen, kenapa dalam misionaris mereka terlihat kompak?
- Kalau Islam itu baik kenapa yang menjatuhkan islam sendiri itu orang islam sendiri
Jawaban
- misionaris di Indonesia sangat aktif karena di luar sana mereka agama yang ditinggalkan.dan cara penyebarannya pun dilakukan melalui materi dan kristen sendiri pun menolak misionaris, jadi mereka berkembang disini bukan karena kuatnya ajaran mereka tetapi karena bodohnya orang yang mengikuti ajaran tersebut.
Perlu adanya mubalig untuk mengatasi masalah ini
- Islam itu sangat kuat karena sebanyak –banyaknya ajaran islam yang ada tetapi memang masih ada 1 ajaran yang sama. Islam adalah ajaran yang terbaik dari yang baik, dan semua agama pun terdapat pertentangan lalu apakah semua agama salah???

Ikhwan
- Adanya 10 lempengan emas yang akan dibagikan ke universitas islam didunia, dan literatur islam kita dapati di universitas milik liberal
Jawaban
- bukan kita yang tergila2 tetapi mereka yang tergila-gila dengan ajaran kita dan kenapa mereka begitu getol dengan ajaran kita?? Karena islam itu ilmiah. Semakin sulit islam untuk dimentahkan maka semakin gencar mereka mempelajari dan mengkaji islam.
- Jika kita tidak peduli dengan agamanya maka islam tidak akan bangkit, tetapi jangan terlalu semangat
Penutup doa oleh Ustadz Arif Ma’ruf

No comments: